Email yayasansinai@gmail.com
Telepon 0271 622293
Whatsapp 0816677612

Pengelola panti rehabilitasi narkoba di Sukoharjo sering diteror

Selama hampir seperempat abad, Yayasan Panti Rehabilitasi Mental, SINAI di Kabupaten Sukoharjo beroperasi. Ratusan pecandu narkoba berhasil disembuhkan dan kembali hidup normal. Namun dalam beberapa bulan terakhir, pengelola mengaku mendapat teror dari orang tak dikenal.

Kepada wartawan, pengelola panti, Artha Simatupang mengaku beberapa kali mendapatkan teror SMS. Seluruh kegiatan panti yang berkaitan dengan narkoba diminta dihentikan.

“Saya sudah 24 tahun mengelola panti rehabilitasi narkoba ini. Dulu saya mendirikan yayasan SINAI ini bersama suami saya. Tapi baru satu tahun terakhir ini diteror orang. Mereka minta kami menghentikan kegiatan pengobatan kepada korban narkoba,” ujar Artha kepada wartawan, Selasa (15/9).

Meski mendapat teror, dia mengaku tidak terlalu memperdulikannya. Ia tidak menanggapi, dan masih menjalankan rehabilitasi hingga sekarang. Ia menceritakan, teror dilakukan orang tak dikenal dengan mengirim SMS bernada ancaman untuk menghentikan kegiatan panti.

“Para peneror minta kami menghentikan semua kegiatan rehabilitasi. Dulu pernah juga melalui telepon, dengan nomor telepon yang disembunyikan,” jelasnya.

Dia menambahkan, serangkaian teror tersebut tidak menjadikan kegiatan pengobatan pasien korban narkoba maupun sakit kejiwaan terganggu. Beberapa hari lalu bahkan yayasan ini mendapat bantuan dari Menteri Sosial berupa uang tunai sebesar Rp 150 juta untuk operasional.

“Kami sangat terbantu dengan sumbangan dari pemerintah. Kalau dulu tidak banyak relawan yang ikut membantu, tapi sejak satu tahun terakhir sudah ada 25 orang relawan membantu,” pungkasnya [hhw]

 

https://www.merdeka.com/peristiwa/pengelola-panti-rehabilitasi-narkoba-di-sukoharjo-sering-diteror.html